Kabar Unik - kakong" Para pamiarsa kakung dumawah putri, pangapunten hambok bilih dangu kula boten post blog menika. "

Jumat, 16 April 2010

KORAN DINDING DAN MAJALAH DINDING

Oleh : Poenk


Di Indonesia, dengan adanya kebebasan pers  yang dimulai sejak kepemimpinan Gus Dur, telah memunculkan  banyak sekali media masa umum yang baru terbit.  Media masa itu beragam jenisnya. Diantaranya ; koran , tabloid , majalah, jurnal , buletin , virtual News. Dari jenis koranpun dapat dibedakan ada harian pagi, harian sore. Sedangkan dari jenis majalah ada yang terbit mingguan juga ada yang terbit dua minggu sekali.  Melihat keadaan tersebut, kita dapat menarik kesimpulan betapa ruginya bagi kita generasi muda yang no tabene usia SMU kalau tidak mempergunakan kesempatan yang ada.

Kalau melihat kenyataan, di sekolah-sekolah negeri maupun swasta sudah banyak yang memberikan wadah berupa papan Mading / kording guna memberi kesempatan kepada siswa- siswanya melatih kata , bahasa maupun karya cipta. Jika memamndang secara umum , memang tidak semua orang itu sama. Ada orang yang mampu menuturkan kata dengan lugas pada saat berdakwah ataupun pidato, namun bagaimana kemampuan menulis dalam artikel kurang begitu pintar. Pintar disini dapat diartikan bagaimana seorang penulis bisa.membawa pembaca untuk mengikuti alur dari permasalahan yang disampaikan. Ada pula  orang yang tidak bisa pidato maupun dakwah tetapi  dalam menyajikan sebuah karya tulisan sangat runtun dan enak dibaca dimengerti dan dipahami.

Kembali kita pandang hal yang lebih sempit Menilik keberadaan Papan Mading/Kording yang ada di sekolah-sekolah,  menurut penulis, masih banyak kerancuan  antara Isi Kording dan Mading itu sendiri.

Untuk itu, guna menambah wawasan siswa, terutama yang berminat untuk menekuni jurnalistik, kami berikan
perbedaan antara Koran Dinding dan Majalah Dinding , sebagai berikut :
   
No
Kording
Mading

1.
2
3
4
5
6
7
8
9


Nama,Visi ,Edisi, Hari
Head Line (HL)
Foto Head Line (HL)
Foto Pendukung
Opini
Susunan Redaksi
Straits News
Feature
Tajuk Rencana


Nama,Visi ,Edisi
News In Dapth
Pengantar redaksi
Rubrikasi
Foto-foto


Bentuk yang diperoleh dari isi mading dan kording itu disajikan dalam bentuk mirip majalah  dan mirip koran,
namun keduanya mempunai kesamaan menempel di dinding. ( poenk)


    

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms