Kabar Unik - kakong" Para pamiarsa kakung dumawah putri, pangapunten hambok bilih dangu kula boten post blog menika. "

Sabtu, 15 Januari 2011

Gila : Pengguna Facebook di Indonesia 33 juta lebih

Pengguna Facebook Indonesia Tembus Angka 33 Juta LebihPengguna Facebook Indonesia Tembus Angka 33 Juta Lebih – Setelah beberapa hari lalu dilanda berita hoax yang mengabarkan Facebook ditutup tanggal 15 Maret 2011, Facebook memantapkan diri menjadi media sosial yang sampai hari ini hampir tidak bisa dilawan. Hasil statistik socialbaker.com mengabarkan bahwa Facebook saat berita tersebut ditulis telah mencapai pengguna hampir 600 juta orang atau tepatnya di angka 596.372.520 orang.

Hal ini makin menegaskan dominasi Facebook dalam dunia internet setelah di tahun 2010 yang lalu mengalahkan Google di Amerika Serikat sebagai situs yang paling banyak ditengok pengguna internet selama tahun 2010. Bahkan di mesin pencarian, kata facebook atau facebook login menempati urutan pertama dan ketiga dalam daftar kata yang paling banyak digunakan pengguna internet dalam mesin pencari.

Facebook yang saat ini belum juga menjual sahamnya ke publik di AS, baru-baru ini juga telah mendapat suntikan dana dari Goldman Sachs dan investor Rusia. Menurut berbagai sumber belum ada rencana yang cukup jelas untuk apa uang tersebut digunakan oleh Facebook. Namun, mungkin saja salah satu proyek yang bisa mereka kerjakan adalah membuat smartphone Facebook karena sisi ini merupakan sisi lemah Facebook selama ini atau membuat OS untuk smartphone di mana di sisi ini Google mendapatkan kemajuan spektakuler dengan merajanya Android sebagai OS smartphone terbanyak di AS saat ini.

Bila kita lihat data pengguna Facebook tersebut, Indonesia ternyata sudah menjadi negara dengan jumlah pengguna Facebook nomor dua di dunia setelah Amerika Serikat. Coba kita perhatikan data berikut ini:



1295054853440831563 Pengguna Facebook Indonesia Tembus Angka 33 Juta Lebih10 besar negara dengan pengguna Facebook terbesar, sumber: socialbakers.com

Jika kita anggap saat ini penduduk Indonesia sebesar 238 juta dan 150 juta di antaranya berusia produktif antara 15 sampai dengan 60 tahun (biasanya kelompok ini yang terbanyak menggunakan Facebook), maka besarnya pengguna Facebook Indonesia dari usia produktif tersebut adalah sebesar 22%. Dan lagi beberapa bulan di tahun 2010 yang lalu, pertumbuhan pengguna Facebook baru di Indonesia selalu menempati nomor dua setelah AS. Pada bulan Oktober 2010, pengguna Facebook di Indonesia meningkat 2.973.600 orang dibandingkan dengan bulan September 2010, sedangkan pada bulan November meningkat sebesar 1.675.860 orang dibandingkan angka di bulan Oktober 2010.Jumlah pengguna di bulan Desember 2010 meningkat sebesar 2.135.940 dibandingkan angka di bulan November 2010. Angka ini bisa saja menjadikan Indonesia sebagai negara paling tinggi peningkatan pengguna Facebook di bulan Desember 2010 karena bila kita lihat AS mengalami penurunan sebesar 213.120 orang.

Dalam enam bulan terakhir pengguna Facebook di Indonesia telah meningkat sebesar 8 juta orang lebih. Di negara ASEAN angka ini hanya bisa disaingi oleh Philippina yang peningkatan pengguna Facebook-nya meningkat sebesar 6 juta orang lebih. Peningkatan sebesar 8 juta pengguna baru tersebut merupakan peningkatan ketiga terbesar di dunia setelah AS dan India. Dari sisi demografi, pengguna Facebook di Indonesia terbagi dalam berbagai kelompok umur, yaitu 13-15 tahun sebesar 11%, 16-17 tahun sebesar 13%, 18-24 tahun sebesar 41%, 25-34 tahun sebesar 24%, 35-44 tahun 8%, 45-54 tahun 2%, dan 55-64 tahun 1%. Perbandingan antara perempuan dan laki-laki adalah 59% laki-laki dan 41% perempuan.

Dari daftar tersebut di antara negara Asia, selama enam bulan terakhir Indonesia, Philippina dan India mencatat kenaikan pengguna Facebook paling banyak. Bila kita analisis dan kita kaitkan dengan pengguna Facebook yang suka narsis, berarti di Asia bahkan dunia, orang Indonesia (tentunya yang menggunakan Facebook) menempati urutan kedua ternarsis di dunia dan posisi pertama di Asia.

Peningkatan pengguna Facebook di Indonesia yang sangat banyak ini tentu disebabkan banyak hal. Facebook memang menawarkan pengalaman bersosial lebih personal dibandingkan dengan Twitter misalnya, bahkan banyak orang menganggap bahwa twitter lebih kepada tool pemasaran. Hal ini tentu membuat lebih banyak pengguna datang ke Facebook terutama orang yang tidak mau repot untuk mempersingkat karakater menjadi 140. Selain itu, aplikasi Facebook yang all ini one juga merupakan salah satu daya tarik yang menentukan. Banyak orang menggunakan Facebook bahkan hanya untuk bisa main game.

Bila kita hubungkan dengan harga gadget ponsel yang semakin murah (terutama ponsel buatan China) yang beredar di Indonesia, tentu hal ini merupakan faktor penentu juga. Saat ini pengguna Facebook melalui ponsel, saya kira angkanya terus naik karena harga gadget yang bisa menghubungkan ke Facebook semakin murah. Selain itu, program hemat dari beberapa operator memungkinkan pengguna Facebook berinteraksi degang temannya di Facebook dengan harga yang sangat murah. Kita bisa melihat sedemikian banyak program dari operator telekomunikasi di Indonesia sehingga menjadi penarik yang kuat orang Indonesia untuk menggunakan Facebook.

Bila kita lihat lagi daftar pengguna Facebook dari berbagai negara tersebut, negara-negara yang bisa kita kategorikan cukup maju perekonomiannya di ASEAN, seperti Singapura dan Malaysia tidak termasuk dalam daftar 10 besar negara pengguna Facebook terbesar di dunia. Malaysia hanya berada di posisi 16 dengan pengguna Facebook sebesar 9 juta lebih, sedangkan Singapura (kecuali memang penduduknya sedikit) berada di angka 2,28 juta orang. Bahkan China yang perekonomiannya sangat maju di tahun 2010 yang lalu hanya memiliki pengguna Facebook 200 ribuan pengguna Facebook. Bila kita bandingkan dengan jumlahnya penduduknya yang 1 miliar lebih tentu angka ini menunjukkan jumlah yang sangat minimal.

Tampaknya Indonesia sudah menjadi raja di Asia, tetapi bukan dalam kemajuan perekonomian dan pembangunan, melainkan dalam jumlah pengguna Facebook. Selamat! (kompas/po3nk)

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms